Sisir Lubuak Limpato, Ponpes Insan Cendekia Harau-ACT Payakumbuh Bagikan Makanan

Penulis: Nina / Editor: Firdaus

0
Santri Ponpes Insan Cendekia Harau dan Tim ACT Kota Payakumbuh saat akan berbagi makanan kepada msayarakat Lubuak Limpato Harau

MINANGGLOBAL.ID, SUMBAR – Lima Puluh Kota, -Pondok Pesantren Insan Cendekia Harau Kabupaten Lima Puluh Kota bagi-bagi makanan dengan masyarakat sekitar. Dengan menggandeng Tim Aksi Cepat Tanggap (ACT) Kota Payakumbuh, Ponpes Insan Cedekia menyisir daerah Lubuak Limpato Nagari Tarantang Kecamatan Harau untuk berbagi makanan.

Bagi-bagi makanan yang dilaksanakan pada tanggal 11 dan 12 Oktober 2021 ini menggunakan Food Truck yang disediakan oleh ACT Kota Payakumbuh. Istimewanya, makanan yang dibagikan itu dimasak oleh santri-santri Ponpes Insan Cendekia Harau dan mereka juga turun membagikan makanan tersebut.

H. Ihsan Ahmad, Lc, MA, Pimpinan Ponpes Insan Cendekia Harau, saat dihubungi menyebut bahwa kegiatan berbagi makanan ini berawal saat Food Truck ACT Kota Payakumbuh datang ke Ponpes tersebut dan memasakkan makanan untuk santri.

“Sehari setelah ACT Kota Payakumbuh memasakkan makanan di Food Trucknya untuk santri kami, Tim ACT dan Ponpes Insan Cendekia Harau bekerjasama membagikan makanan untuk masyarakat Lubuak Limpato. Santri dan Tim ACT bahu membahu memasakkan makanan dan membagikannya kepada masyarakat dalam bentuk paket siap saji,” jelas Ihsan.

Ihsan menambahkan, bahwa makanan siap saji yang dibagikan itu langsung diantar ke rumah masyarakat, bukan berkumpul pada satu tempat. Hal ini dalam rangka agar tidak terjadi penumpukan orang banyak yang akan menyalahi protokol kesehatan.

Ustadz muda yang enerjik ini menyebut, program berbagi makanan yang dilakukan ini adalah karena kesamaan program antara Tim ACT Kota Payakumbuh denan Ponpes Insan Cendekia Harau. “Kami dari Insan Cendekia Harau memiiki program berbagai dengan masyarakat sekitar. Program kami ini sejalan dengan proram Tim ACT Kota Payakumbuh. Karena kesamaan inilah lahir inisiasi bersama untuk berbagi makanan,” sebut Ihsan.

Selanjutnya Ihsan menyebut, kegiatan berbagi makanan ini tidak terlepas juga dari peran serta seluruh civitas Insan Cendekia Harau. “Kegiatan ini dipimpin langsung oleh unsur pimpinan Ponpes Insan Cendekia Harau. Kami sebagai pimpinan Pondok Pesantren sangat bersyukur dan mengucapkan terima kasih kepada ACT Kota Payakumbuh atas kerjasamanya”

“Banyak manfaat yang bisa diambil dari kegiatan ini, diantaranya menumbuhkan sikap peduli dan menolong kepada sesama, menanamkan bahwa berbagi itu indah dan tidak akan mengurangi rezeki kita. Selain itu santri juga diajarkan memasak di Food truck ACT,” urai Ihsan.

Menutup penjelasannya, Ihsan menyebut, ini bukan kali pertama bentuk kerjasama yang dilakukan oleh Pondok Pesantren Insan Cendekia Harau. Sebelumnya Ponpes ini juga pernah mendatangkan masyayekh-masyayekh dari Palestina dalam rangka menggalang dana bantuan untuk saudara-saudara di Palestina. Ihsan berharap akan ada lagi kerjasama yang lain dalam rangka membangun ummat yang lebih baik. (Nina)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here