Tentang Kami

minangglobal.id merupakan website berbasis berita dan informasi seputar Sumatera Barat, namun tidak tertutup kemungkinan juga untuk di luar Sumatera Barat.

Penamaan minangglobal.id, merupakan sebuah ide yang didasarkan pada landasan filosofis, pragmatis dan nasionalis.

Filosofis dari minangglobal.id terlihat dari susunan kata Minang dan Global. Minang merupakan sebuah suku atau sebagian ahli menyebutnya lebih tepat etnis. Walau dalam pergerakan waktu, Minang juga sebagai sebuah kerajaan yang dalam Tambo Minangkabau, tidak hanya punya wilayah di Sumatera Barat, melainkan ada sebagian dalam wilayah administrasi Provinsi Riau, dan juga sampai ke tanah seberang Pahang-Malaysia dan Pattani-Thailand. Global merujuk kepada arti keseluruhan, dan utuh. Dan minangglobal.id sebuah webiste berita dan informasi mencoba utuh dan totalitas dalam menyampaikan berita dan informasi. Utuh dan totalitas dalam substansi, maupun utuh dan totalitas dalam menjunjung etika jurnalistik.

Pragmatis dari penamaan minangglobal.id terlihat dari suku kata yang menyusunnya yaitu Minang dan Global. Minang sebuah kata yang sudah dikenal secara nasional, maupun internasional, mudah dalam pengucapan dan pengingatan. Kemudian kata Global sudah umum digunakan dalam banyak frasa kata, dan hal ini memudahkan untuk diingat dan diucapkan baik bagi orang Minang, Indonesia maupun sebagian besar lisan dari negara lain.

Sisi nasionalis dari penamaan minangglobal.id dapat kita temukan dengan memakai domain .id. Domain ini (.id) merupakan Top-Level-Domain yang resmi untuk Negara Kesatuan Republik Indonesia. Penggunaan domain .id untuk website kami (minangglobal.id) merupakan sebuah kebanggaan tersendiri bisa menggunakan domain resmi Negara Kesatuan Republik Indonesia, sekaligus sebagai wujud rasa nasionalis.

Visi minangglobal.id adalah “Utuh dan Totalitas Menyampaikan Informasi”

Misi minangglobal.id adalah; (1) Utuh dan totalitas menggali dan mencari informasi, (2) Utuh dan totalitas dalam menyebarkan informasi, dan (3) Utuh dan totalis menjunjung norma dan budaya jurnalistik dan mengedukasi.