LDS Kecamatan Payakumbuh Selatan terus Benahi Kemampuan Guru TPQ MDA Dalam membaca Al Qur’an

Penulis: Muhamad Fajri

0
Ustadz H. Mulyadi Muslim, Lc. MA sedang memberikan pembinaan kepada guru TPQ MDA se kecamatan Payakumbuh

MINANGGLOBAL.ID, SUMBAR – Payakumbuh, Payakumbuh, Lembaga Didikan Subuh kecamatan Payakumbuh Selatan terus berinovasi dalam menciptakan guru TPQ MDA yang profesional dan terampil membaca al-Qur’an. Hal ini ditandai dengan program rutin pembinaan guru TPQ MDA se-kecamatan Payakumbuh Selatan dengan mendatangkan guru atau pemateri yang profesional dan berkualitas.

Di masjid Sa’id Warofiatul Ghomidi Kubang Gajah, kelurahan Limbukan (Ahad 13/2/2022) diadakan pembinaan guru TPQ MDA se-kecamatan Payakumbuh Selatan oleh Ustadz Mulyadi Muslim, Lc. MA sekretaris MUI Kota Padang. Dalam tausiyahnya ustadz Mulyadi lebih memberikan motivasi kepada guru TPQ MDA bagaimana kita bisa ikhlas dalam menjalankan tugas sebagai guru al-Qur’an.

Guru yang ikhlas paham dan sadar bahwa segala amal perbuatannya mesti bersih dari sikap riya, dan hanya diniatkan untuk mendapatkan ridha Allah SWT semata.

Tidak ikhlas berarti tidak ada ruhnya dalam suatu amalan. Karena, ikhlas merupakan ruh dan syarat diterimanya amal seorang guru. Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya Allah SWT tidak melihat (menilai) bentuk tubuh serta kemolekan wajahmu, tetapi Allah melihat (menilai) keikhlasan yang bersemayam dalam lubuk hatimu.” (HR Bukhari dan Muslim).

Mengapa kita mesti menjadi guru al-Qur’an? Jawabannya adalah karena ini murni panggilan hati, sesuai dengan sabda Rasulullah.

خيركم من تعلم القرآن وعلمه

“Sebaik-baik kalian adalah orang yang mempelajari al-Qur’an dan mengajarkannya”. (HR. Bukhori).

Dan mengapa kita memilih profesi sebagai guru al-Qur’an? Jawabannya adalah karena profesi itu lebih terhormat, ini senada dengan sabda Rasulullah: “Sebaik-baik manusia diantaramu adalah yang paling banyak manfaatnya bagi orang lain.” (H.R. Bukhari).

Inilah rangkaian motivasi yang disampaikan ustadz Mulyadi Muslim kepada guru TPQ MDA se-kecamatan Payakumbuh Selatan.

Selanjutnya materi meminimalisir kesalahan dalam membaca al-Qur’an disampaikan ustadzah Nila. Dalam penyampaiannya ustadzah Nila lebih menekankna praktek membaca al-Qur’a, dan beliau berharap agar guru TPQ MDA belajar al-Qur’an kepada guru yang bersanad sampai kepada Rasulullah,” tutur Nila.

Firdaus, selaku penggagas program ini dan juga ketua Lembaga Didikan Subuh mengucapkan Terimakasih kepada pemateri yang telah banyak memberikan ilmu kepada guru TPQ MDA se-kecamatan Payakumbuh Selatan, kita berharap semua ilmu yang didapatkan hari ini bisa bermanfaat bagi diri sendiri dan juga bagi anak anak didik di lembaga masing-masing, semoga kita Istiqomah dalam mengikuti program yang baik ini kedepannya,” tutup Firdaus kepada wartawan Minangglobal.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here