TANAH DATAR, SUMBAR– Direktur PDAM Tirta Alami Batusangkar, menjawab soal pelayanan PDAM yang berumur 40 tahun namun pelayanan masih dalam angka 32 persen.
“Kebetulan itu yang baru terlayani,” kata Nazwir, via telpon. (21/09/2020).
Tupoksi setiap daerah berbeda-beda, maka dari itu Direktur PDAM menfokuskan terlebih dahulu untuk masyarakat yang memang belum teraliri.
“Tupoksi daerah kita ini kan berbeda, ini salah satu penyebabnya. Kita kan mencari masyarakat yang belum teraliri,” ujarnya.
Dan pelayanan PDAM di Tanah Datar masih dalam angka 32 persen Lantaran banyak sumber air di Tanah Datar.
“Sumber air banyak, masyarakat lebih memilih bikin sumur. Jadi tidak ada masalah lain,” jelasnya.
“Pam Simas kan ada juga, nah itu,” ucapnya.
Walaupun angka pelayanan PDAM masih dalam angka 32 persen, namun direktur PDAM akan menargetkan pencapaian 60 persen dalam perencanaan bisnis 5 tahun ke depan.
“Sementara dalam perencanaan bisnis 5 tahun kedepannya, PDAM membuat target pencapaian 60 persen.” ujarnya.
“Akan kita upayakan masyarakat untuk masuk ke PDAM. Baik itu sambungan baru maupun mencari sumber air baru,” kata Nazwir.
Namun demikian, Direktur PDAM akan mengupayakan peningkatan pelanggan, karena memang terjaga dari segi kualitas.
“Keunggulannya pakai PDAM kan kualitasnya sudah terjaga. Nah dengan ini kita upayakan peningkatan pelanggan,” tutup Nazwir.